Rabu, 23 Maret 2011

Cara Efektif Dalam Mendesain

1. Mengenali Masalah
Sebelum mengerjakan apapun, seorang desainer harus memahami betul permasalahan yang dihadapi. Tanpa mengetahui masalah dan batasan yang dihadapi dapat selalu dipastikan adanya kegagalan atau ketidak efektifitasan dalam proses desain nantinya.Pertanyaan yang harus dijawab untuk mengenali masalah adalah seperti berikut:
Siapakah target audience (target pengamat) ?
Style atau gaya yang diinginkan ?
Apakah ada ketentuan khusus untuk bentuk warna, ukuran, material, dan lain lain ?
Informasi, batasan dan pegertian masalah yang jelas membantu desainer dalam mencari dan mengembangkan ide-ide yang terarah sehingga tetap fokus dalam mencari solusi yang efektif.

2. Penelitian
Setelah masalah dan batasan dikenai dengan baik, maka langkah terpenting yang harus dilakukan adalah mencari informasi lebih dalam atau research. Langkah ini adalah langkah yang sangat penting dalam problem sloving karena akan menghasilkan hasil yang mantap dan original. Fungsi dari penelitian dan penggalian informasi ini adalah untuk membantu proses pencarian ide.

3. Brainstorming dan Thumbnail
Brainstorming adalah suatu usaha dalam mengeluarkan ide-ide yang terlintas pikiran sehubungan dengan topik. Ide-ide tersebut dicatat dalam bentuk visual yang disebut thumbnail. Ide dapat berupa daftar kata-kata, daftar konsep, daftar ide, gambar-gambar, warna, icon, dan apa saja yang terlintas dalam benak desainer.
Thumbnail adalah pencatatan ide-ide ke dalam bentuk visual. Thumbnail memberikan kesempatan pada desainer untuk ber-eksplorasi dalam mengeluarkan ide, konsep, pemikiran , sesuai dengan topik masalah.

4. Klarifikasi

Pada langkah ini desainer menentukan arah dan konsep yang ditentukan, ide mana yang akan dikembangkan. Setelah dipilih, maka konsep yang jelas disusun dan informasi- informasi yang tidak berhubungan di singkirkan. Konfirmasi kembali sangat dibutuhkan untuk menghindari perbedaan persepsi di akhir proses. Beberapa thumbnail dapat dikembangkan lagi sesuai dengan konsep yang telah ditentukan, ide-ide baru yang menunjang konsep dapat dimasukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Walgreens Printable Coupons